Selasa, 04 Desember 2018

EFEK VIRALISASI TERHADAP TINGKAT SIMPATI NETIZEN DALAM KASUS #SAVEGEMPI

EFEK VIRALISASI TERHADAP TINGKAT SIMPATI NETIZEN
 DALAM KASUS #SAVEGEMPI
Sebagai Syarat Memenuhi Tugas
Mata Kuliah Jurnalisme Online Yang Diampu oleh :
Ibu. Fatihatul Lailiyah S.sos, M.Med.Kom





DISUSUN OLEH:
Kelompok 2 
1. Ita Nur Janah              (5.16.03.05.0.021)
2. Intan Nurindar            (5.16.03.05.0.020)
3. Findach Anugrainy     (5.16.03.05.0.017)


PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT 
2018




DAFTAR ISI
COVER ........................................................... i
DAFTAR ISI .................................................................... ii
KATA PENGANTAR .................................................................... iii
BAB 1 PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang .................................................................... 1
1.2 Rumusan Masalah .................................................................... 1
1.3 Tujuan ........................................................ 1
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Viralisasi.............................. 2
2.2 Dampak dari berita viralisasi..............       3
2.3 Solusi dari adanya dampak berita viral bagi masyarakat                                                           4
2.4 Pengertian Netizen.............................. 5
2.5 Peran Media Jurnalistik online dalam kasus #Savegempi                                                    6
BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan ................................................................... 7
3.2 Saran ................................................................... 8
DAFTAR PUSTAKA






KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufik, serta hidayah-Nya sehingga kami dapat menyusun dan menyelesaikan tugas makalah mengenai EFEK VIRALISASI TERHADAP TINGKAT SIMPATI NETIZEN DALAM KASUS #SAVEGEMPI ini dengan baik meskipun banyak kekurangan didalamnya.
Saya ucapkan terimakasih kepada Ibu. Alifah selaku dosen mata kuliah Jurnalistik online di Universitas Islam Majapahit Mojokerto, yang telah memberikan tugas ini kepada kami.
kami sangat berharap makalah dapat berguna dalam rangka menambah wawasan untuk masalah mengenai EFEK VIRALISASI TERHADAP TINGKAT SIMPATI NETIZEN DALAM KASUS #SAVEGEMPI.
Kami  juga menyadari sepenuhnya bahwa makalah ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu, saya berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan makalah yang akan kami buat kembali dimasa yang akan datang. Mengingat tidak ada sesuatu saran yang sempurna tanpa saran yang membangun.
Semoga makalah sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sebelum dan sesudahnya kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan.

Mojokerto, 28 November 2018


Penyusun



BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Perkembangan teknologi semakin hari semakin bertambah canggih hampir semua lini masyarakat saat ini memiliki telepon genggam dengan kecanggihan salah satunya internet bukan hanya itu, kemudahan akses internet ini juga semakin mempermudah masyarakat untuk mendapatkan berita berita terkini baik yang disebarkan melalui media online ataupun cetak.
Media sosial merupakan salah satu media online yang lebih banyak dipilih untuk mendapatkan informasi terkini, khususnya media sosial instagram. Sejak peluncuran instagram pertama kali – aplikasi ini dipilih menyita banyak pengguna media sosial lain sebelumnya. Instagram memiliki tingkat akurasi informasi lebih up to date karena sifatnya privasi.
Berita – berita atau informasi yang lagi viral pun seringkali tersebar melalui media sosial instagram. Hal ini sangat berpengaruh pada respon masyarakat mengenai suatu berita.
Dengan demikian adanya makalah ini akan membahas tentang viralisasi dan juga dampak viralisasi itu dikalangan masyarakat, dengan tujuan masyarakat lebih teredukasi tentang berita dalam media online
1.2 Rumusan Masalah
1. Apakah yang dimaksud dengan Viralisasi?
2. Apakah akibat yang ditimbulkan dari adanya berita viralisasi bagi masyarakat?
3. Bagaimana cara mengatasi dampak dari berita viralisasi?
4. Apakah yang dimaksud dengan Netizen?
5. Bagaimana peran media jurnalistik online dalam kasus #Savegempi?
1.3 Tujuan
1. Mengetahui maksud dari Viralisasi
2. Mengetahui akibat atau dampak dari adanya berita viralisasi bagi masyarakat
3. Mengetahui cara untuk mengatasi dampak dari adanya berita viralisasi bagi masyarakat
4. Mengetahui maksud dari pengertian Netizen
5. Mengetahui peran media jurnalistik online dalam kasus #Savegempi


















BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Apakah yang dimaksud dengan Viralisasi
Belakangan ini sedang marak penggunaan kata viral, baik itu di internet maupun di media cetak, media elektronik dan khusunya di media sosial. Kata viral berasal dari bahasa asing yang berarti virus. Viral merupakan kata sifat yang berhubungan dengan internet dengan cara mempublikasikan ke masyarakat melalui media online.
Secara praktisinya virus virtual atau viral adalah penyebaran informasi atau komunikasi melalui dunia maya (media internet) khususnya di media soaial. Menjadi viral artinya disebarluaskan para pengguna media dengan cara dibagikan (share), suka (like) dan komentar (comments) oleh para netizen
Viral adalah aktivitas di dunia maya yang menggambarkan penyebaran sebuah informasi melalui media online yang tersebar dengan cepat sehingga membuatnya menjadi populer dan menjadi perbincangan khalayak umum. Informasi dapat berupa foto, video, berita dan lain sebagainya.
2.2    Apakah Dampak yang ditimbulkan dari berita viralisasi
Dahulu masyarakat mendapatkan informasi melalui televisi, radio, majalah, dan surat kabar hingga muncul tren baru yaitu media online, media online termasuk kedalam new media. Masyarakat di era sekarang yang suka dengan hal praktis dan cepat mulai berbondong-bondong beralih menggunakan media online sebagai sarana mendapatkan informasi, selain bisa diakses dimanapun dan kapanpun media online selalu update tentang berita terbaru, apalagi masyarakat sekarang yang lebih menyukai sesuatu yang “real time” dalam artian berita yang masih hangat dan baru saja terjadi.
Fenomena antusiasme masyarakat terhadap berita memiliki banyak dampak tersendiri. Kemudahan untuk saling memberikan informasi melalui media sosial dan penyebarannya memberikan dampak positif dan negatif. Dampak positifnya, informasi penting dapat segera diketahui dan ditindaklanjuti, tanggap akan informasi, peduli akan lingkungan, selalu waspada, terbuka terhadap sekitar. Namun dampak negatifnya tidak semua informasi yang disajikan tersebut benar. Selain itu, efek dari berita viral tersebut dapat mengundang berbagai tanggapan dari warganet. Ada yang berkomentar positif (pujian, dukungan, simpati), dan tak jarang pula berkomentar negatif (bully, sindiran, fitnah, kecaman, judge). Netizen ikut larut mengikuti alur cerita dari pemberitaan viral tersebut dan langsung beropini beragam pandangan, tanpa memfilter terlebih dahulu apakah berita tersebut terkonfirmasi dengan benar atau hanya isu belaka.
2.3    Bagaimana cara mengatasi dampak dari berita viralisasi 
Munculnya tagar seperti #savegempi yang beredar di media sosial oleh para netizen akan menimbulkan banyak komentar-komentar yang meresahkan untuk seseorang tersebut. Penggunaan tanda tagar tersebut bisa dianggap akan menyelakai kehidupan dimasa depannya. Solusi untuk menyikapi berita viral adalah para netizen sebaiknya bersikap lebih bijak dan dewasa dalam menanggapi sesuatu yang viral, tidak hanya ikut-ikut meramaikan tanpa memikirkan pihak lain demi eksistensi diri. Netizen diharapkan berfikir panjang sebelum ikut meramaikan komentar di media sosial. Coba bersifat dewasa menghadapi hal ini.Jika anda merasa dewasa dan ingin memberitahu netizen agar tidak meramaikan hastag itu, karena yang menurut netizen hal tersebut adalah salah satu bentuk simpati namun untuk pihak yang bersangkutan hal itu justru menjadi bomerang bagi kehidupannya. Kita juga bisa turut berkomentar dengan tegas memberitahu netizen lain kalau sikap mereka kurang baik.
2.3 Apakah yang dimaksud dengan Netizen
Netizen berasal dari kata Net yaitu internet, Zen yaitu citizen/warga yang berarti warga yang menggunakan internet atau biasa disebut pengguna internet. Yaitu seseorang yang aktif terlibat dalam komunitas maya atau internet pada umumnya.
2.4   Peran Media Jurnalistik Online dalam kasus #Savegempi
Viral! Perceraian Gading dan Gisel membuat heran banyak Warga Net
Baru-baru ini dunia entertaint sedang dikejutkan dengan kabar perceraian pasangan selebritis Gading dan Gisel.  Pasangan yang dinobatkan sebagai pasangan yang tidak pernah terendus kabar negatif oleh media pers ini tiba-tiba menjadi sorotan  karena Gisel melayangkan gugatan perceraian kepada Gading pada (19 november 2018). Hal ini sontan membuat warga net bertanya-tanya apa penyebab dari perceraian mereka. Bukan hanya itu, warga juga menaruh simpati pada kondisi Gempi,anak semata wayangnya yang masih kecil. Kabar tentang perceraian Gading dan Gisel ini menjadi viral khususnya di media sosial Instagram. Para pengguna instagram berbondong-bondong untuk melakukan sebuah wujud peduli terhadap kabar perceraian salah satunya adalah dengan menggaungkan Tagar #saveGempi. Nampaknya tanda tagar ini membuat gisel sang ibunda merasa tidak nyaman dan meminta kepada seluruh netizen agar menghentikan tanda tagar #savegempi yang disampaikan oleh gisel melalui video call dari korea selatan. Dia merasa tanda tagar itu akan menyelakai anaknya karena dirasa sampai detik ini gempi masih dalam keadaan yang baik baik saja, tidak hanya itu, gisel juga meminta kepada netizen bahwasannya tidak berlebihan untuk merespon.

Dari contoh kasus di atas yang merupakan berita viral yang masih hangat untuk diperbincangkan dan salah satu media yang aktif dan cepat menyebarkan adalah instagram.
1. Mengapa instagram?
Karena instagram merupakan konten yang sifatnya pribadi dan semua kalangan dapat mengakses mengenai kabar berita viral apapun terutama selebrita di tanah air. Selain itu instagram juga merupakan sebagai Media Jurnalistik Online yang diminati banyak kalangan
2. Apa pengertian dari instagram dan keunggulan instagram sehingga dipilih sebagai media online yang paling berpengaruh?
Instagram adalah merupakan sosial media yang paling terpopuler dikalangan masyarakat di seluruh dunia. Bisa diakses melalui Android os. Insta berarti mudah serta cepat, gram berarti telegram  yang dikaitkan sebagai media untuk mengirimkan informasi dengan cepat dan mudah.
Keunggulannya adalah
3. Efek yang ditimbulkan atas viralnya berita kasus Gading-Gisel dalam dunia Media Jurnalistik Online
1. Menumbuhkan sikap empati dan simpati bagi warga net, banyak yang memberikan dukungan serta suport terutama pada gempi, mulai pada pembuatan video mame tentang gempi
2. Terkait banyaknya video tentang gading-gisel yang diupload. Tentu, berita yang ada didalamnya membawa kerugian pada artis yang bersangkutan, tidak hanya itu video-video sampah seperti juga membodohi para netizen.
3. Para creator memunculkan konten yang berisi hoax sehingga banyak komentar dari netizen yang berujung pada pembullyan karena tidak dicerna baik baik isinya ditelan mentah-mentah begitu saja.

   


BAB III
        PENUTUP

3.1 Kesimpulan
1. Viralisasi adalah Aktivitas di dunia maya yang menggambarkan penyebaran sebuah informasi melalui media online yang tersebar dengan cepat sehingga membuatnya menjadi populer dan menjadi perbincangan khalayak umum. Informasi dapat berupa foto, video, berita dan lain sebagainya.
2. Kemudahan untuk saling memberikan informasi melalui media sosial dan penyebarannya memberikan dampak positif dan negatif. Dampak positifnya, informasi penting dapat segera diketahui dan ditindaklanjuti, tanggap akan informasi, peduli akan lingkungan, selalu waspada, terbuka terhadap sekitar. Namun dampak negatifnya tidak semua informasi yang disajikan tersebut benar.
3. Solusi untuk menyikapi berita viral adalah para netizen sebaiknya bersikap lebih bijak dan dewasa dalam menanggapi sesuatu yang viral, tidak hanya ikut-ikut meramaikan tanpa memikirkan pihak lain demi eksistensi diri.
4. Netizen adalah pengguna pengguna internet, yaitu seseorang yang aktif terlibat dalam komunitas maya atau internet global pada umumnya.
5. Peran media jurnalistik online dalam kasus #Savegempi

3.2 Saran
Gunakan media sosial media dengan sebaik baiknya, jangan memviralkan sesuatu hal yang tidak penting lalu ujung ujungnya kita sendiri yang akan terkena imbasnya. Dan intinya sesuatu hal yang baik dan ada manfaatnya “be smart people”
Bagi para netizen harus pintar menilai, sebaiknya berkomentarlah yang baik dan jangan berstatemen sendiri, apabila ada konten konten dari para creator yang tidak baik hendaknya jangan terburu buru untuk terhasut sehingga akan menyebarkan berita hoax yang sama sekali tidak terbukti kebenarannya sehingga menjadi tidak akan menjadi sampah pada media jurnalistik online
























DAFTAR PUSTAKA

http://www.sumberpengertian.co/pengertian-viral
http://nasional.kompas.com/read/2017/08/23/19441601/warganet-dan-netizen-kini-sudah-masuk-kbbi-v-daring
http://www.cnnindonesia.com/hiburan/20181121130455-234-348081/gading-gisel-di-ambang-cerai-netizen-gaungkan-savegempi
instagram dengan hastag #savegempi
https://www.kompasiana.com/merpatidiwa/596e2eb7a6666474036f8073/dampak-penyebaran-berita-melalui-media-sosial-terhadap-masyarakat
https://wolipop.detik.com/tech-gadget/d-3638923/cara-bijak-tanggapi-hal-yang-viral-saat-berselancar-di-media-sosial







Tidak ada komentar:

Posting Komentar