MAKALAH
Clickbait
Di Media Sosial
“Tugas
Jurnalistik Online”
Mata
Kuliah : Jurnalistik TV dan radio
DISUSUN OLEH :
Tiyas
Dervi Anggraini
5.16.03.05.0.055
Ulfa
Aprillia
5.16.03.05.0.056
Wakhidatul
Mar’atus Sholikah
5.16.03.05.0.058
JURUSAN ILMU
KOMUNIKASI
FAKULTAS
ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS
ISLAM MAJAPAHIT
2018
Kata Pengantar
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena
dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan makalah
tentang “Clickbait di Media Sosial” ini dengan baik meskipun banyak kekurangan
didalamnya.
Kami sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka
menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai Clickbait di media sosial.
Kami juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam makalah ini terdapat kekurangan
dan jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu, kami berharap adanya kritik, saran
dan usulan demi perbaikan makalah yang telah kami buat di masa yang akan
datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran yang membangun.
Semoga makalah sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang
membacanya. Sekiranya materi yang telah disusun ini dapat berguna bagi kami
sendiri maupun orang yang membacanya. Sebelumnya kami mohon maaf apabila
terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan kami memohon kritik dan
saran yang membangun dari Anda demi perbaikan makalah ini di waktu yang akan
datang.
Mojokerto,
01 Desember 2018
Penyusun
DAFTAR ISI
Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB I PENDAHULUAN…………………………………………………………. 1
1.1 Latar
Belakang………………………………………………………………… 1
1.2 Rumusan
Masalah……………………………………………………………... 2
1.3 Tujuan………………………………………………………………………..... 2
1.4 Manfaat……………………………………………………………………….. 3
BAB II PEMBAHASAN…………………………………………………………… 4
2.1 Pengertian ………………………………………………………………………4
2.2 Ciri-Ciri
Clickbait……………………………………………………………… 4
2.3
Contoh
dan jenis konten Clickbait…………………………………………….. 4
2.4 Tujuan
Clickbait……………………………………………………………….. 5
2.5 Dampak
dari Clickbait………………………………………………………… 6
2.6 Clickbait
dan Hoax…………………………………………………………..... 7
BAB III PENUTUP…………………………………………………………………. 8
3.1 Kesimpulan…………………………………………………………………….. 8
3.2 Saran…………………………………………………………………………… 9
REFERENSI……………………………………………………………………………….. 10
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Perkembangan teknologi dan komunikasi di era
globalisasi dan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pada saat ini membawa pengaruh
yang sangat besar terhadap kehidupan di dunia baik pengaruh positif maupun
negatif. Mobilitas yang tinggi, kecepatan untuk mendapatkan informasi,
kemudahan berkomunikasi, pola hidup yang serba instan dan multitasking menjadi sebuah ciri kebutuhan masyarakat saat ini.
Keberadaan media cetak dan elektronik semakin tergeser dengan adanya internet.
Indonesia adalah salah satu Negara dengan jumlah
penduduk terpadat di dunia. Dengan dukungan kemajuan infrastruktuk dan
teknologi informasi yang memadai, tidak mengherankan jika warga Indonesia
menjadi salah satu pengakses media digital dan internet terbesar di dunia.
Fakta tersebut terlihat dari banyaknya pengguna akses media seperti Personal Computer (PC), tablet, dan
smatphone. Rata – rata warga indonesia melakukan aktivitasnya tidak jauh-jauh
dari media digital dan internet.
Dengan banyaknya penggunaan media digital tersebut
tidak dipungkiri lagi pengaruh akses warga terhadap media online atau media
social juga akan meningkat pesat. Warga Indonesia juga dikenal sebagai warga
yang sangat aktif dalam menggunakan media social. Dilihat dari jumlah pengguna
aktif media social popular seperti Twitter,
facebook , dan instagram. Dari beberapa media social tersebut akan muncul
berbagai informasi dan berita dengan berbagai macam berita.
Meningkatnya jumlah pengguna media social di
Indonesia, mau tak mau membuat para produsen konten berita media online untuk beradaptasi. Dalam hal ini,
mereka kemudian membuat cerita untuk platform
di media social. Dengan tujuan untuk meningkatkan traffic atau kunjungan di situs utama media online mereka. Untuk
itu, para produsen konten berita ini membutuhkan strategi yang tepat dan jitu
dalam menarik perhatian pengguna media atau netizen untuk meng-klik dan nantinya akan membagi ulang (re-share) konten berita tersebut di
media social mereka.
Trand informasi dunia digital saat ini memang semakin
meluas, akses informasi di media sosial membuat para penggunanya semakin mudah
untuk mendapatkan berbagai informasi. Namun, akses informasi yang semakin mudah
ini sayangnya tidak dibarengi dengan ketersediaan informasi yang berkualitas.
Di era internet banyak pilihan tempat untuk memilih informasi mana yang akan
dicari, ditemukan dan di konsumsi. Banyak wadah informasi yang sengaja membagi
dan mengemas informasi instan sebagai semua jebakan. Dimana jebakan tersebut
yang akan mengundang minat dari pembaca untuk mengunjungi laman berita yang
dibuat.
Portal berita online sebagai bentuk media yang
konvergen yang lebih mengutamakan traffic dan menyajikan berita yang lebih
ringkas namun actual. Konvergensi media juga menyebabkan adanya fenomena
cklicbait yang di jadikan modus media online untuk menarik minat pembaca dan
akan berdampak pada penurunan kualitas informasi, meningkatnya konglemerasi
media dan penurunan kualitaas industry media konfensional.
Clickbait merupakan suatu ketidak sesuaian judul
dengan isi informasi yang dibagi yang memberikan kesan berita yang hiperbola
dan kontroversional. Tidak hanya situs abal-abal saja yang menggunakan
clickbait, ada kalanya situs kenamaan juga menggunakan clickbait. Cklicbait
tidak hanya sekedar diciptakan atas dasar penyebaran informasi palsu melainkan
untuk mencari keuntungan ekonomi dari internet dan media social.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat
dibuat rumusan masalah
makalah yakni :
1.2.1
Apa
yang dimaksud dengan Clickbait ?
1.2.2
Apa
saja ciri-ciri Clickbait ?
1.2.3
Apa
saja Contoh dan Jenis Clickbait ?
1.2.4
Mengapa
ada penggunaan clickbait ?
1.2.5
Bagaimana
dampak clickbait pada netizen ?
1.2.6
Apakah
benar clickbait termasuk dalam katagori hoax ?
1.3 Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka
tujuan dari makalah ini adalah
:
1.3.1
Mengetahui
dan memahami pengertian dari clickbait.
1.3.2
Mengetahui
ciri-ciri dari clickbait.
1.3.3
Mengetahui
seperti apa contoh dan jenis clickbait.
1.3.4
Mengetahui
dan memahami tujuan penggunaan clickbait.
1.3.5
Mengetahui
dan memahami dampak clickbait secara positif dan negative.
1.3.6
Mengetahui
kebenaran clickbait termasuk katagori hoax atau tidak.
1.4 Manfaat
1.4.1
Manfaat Akademis
Makalah ini diharapkan
dapat memberikan wawasan kepada pembaca, khususnya mahasiswa Ilmu Komunikasi
Universitas Majapahit dan sebagai makalah selanjutnya dari segi menyikapi dan
memahami tentang clickbait.
1.4.2
Manfaat Praktik
Bagi para mahasiswa
Ilmu Komunikasi yang pernah mendapatkan berita dengan judul clickbait, diharapkan
penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi atau rujukan dan solusi
terkait pengetahuan tentang clickbait.
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1
Pengertian
Umpan klik (clickbait)
adalah suatu istilah peyoratif yang merujuk kepada konten web yang ditujukan untuk mendapatkan penghasilan iklan daring, terutama dengan mengorbankan kualitas atau akurasi, dengan
bergantung kepada tajuk sensasional atau gambar mini yang menarik mata guna mengundang klik-tayang (click-through)
dan mendorong penerusan bahan tersebut melalui jejaring sosial
daring.
Judul berita yang menjebak (clickbait) adalah modus media
online untuk meningkatkan traffik, pengunjung, atau pageviews. Clickbait juga
dapat dikatakan sebagai suatu judul yang ambigu dan tidak jelas dengan menggunakan
cuplikan media yang memprovokasi yang sering tidak sesuai dengan konten atau
bahkan tidak ada hubungannya sama sekali sehingga membuat orang tertarik dengan
berita tersebut.
2.2 Ciri- Ciri
Clickbait
Ciri-ciri konten clickbait sangat mudah
dikenali, yaitu :
1. Dari penggunaan judul.
Dari judul sebuah berita yang terlihat ambigu dan berlebihan sudah
menyatakan bahwa konten tersebut adalah clickbait. Judul artikel memang sangat
berpengaruh dan berperan penting dalam artikel, sebelum membaca isi artikel
seseorang pasti akan membaca judul, semakin judul menarik semakin banyak pula
orang yang tertarik dengan artikel atau konten tersebut. Apalagi dengan mereka
yang memiliki rasa keingintahuan yang tinggi pasti akan sangat mudah terpancing
untuk melihat dan membacanya.
2. Isi konten yang tidak sesuai dengan judul dan preview yang di
terbikan
Jika isi konten tidak ada kaitannya dan keluar dari judul
konten yang diterbitkan sudah dikatakan sebagai clickbait. Karena lebih
mengutamakan kecepatan indeks oleh mesin pencarian, isi tulisan menjadi kurang
di perhatikan sehingga isi dan judul banyak yang tidak singkron lagi dan
akhibatnya informasi sudah diragukan.
2.3
Contoh
dan jenis konten Clickbait
Ada beberapa contoh dan jenis Clikbait Antara lain :
1. Berita
Bentuk Berita ini berupa tulisan muncul dari adanya sebuah
fakta namun penulis memberikan judul yang berlebihan dan memberikan isi
informasi yang tidak valid dengan berita sebenarnya.
2. Artikel
Bentuk tulisan yang beredar di media online salah satunya di
instagram dengan judul dan tulisan yang memiliki judul ambigu yang dapat
menarik perhatian pembaca. Selain di instagram artikel clickbait ini sering di
posting di media tribunnews.
3. Video
Clickbait video sering beredar di media online youtube dengan
judul yang seolah-olah memberikan perintah dan membuat para pengguna youtube
menjadi penasaran akan isi video tersebut karena dari video orang akan
memandang berita tersebut real atau tidak.
2.4 Tujuan Clickbait
Tujuan pembuatan
konten clickbait yaitu :
1. Untuk menggaet pengunjung website untuk membaca artikel
tersebut.
Berusaha
membuat pembaca penasaran sehingga meng-klik tautan judul berita tersebut.
Judul ini didasarkan pada premis bahwa pembaca diperlakukan sebagai orang
bodoh, Namun yang disayangkan lagi tren clickbait ini menjadi standar berita
online.
2. Mengeksploitasi "kesenjangan keingintahuan" (curiosity gap)
Dengan
hanya memberi informasi yang cukup membuat pembaca penasaran ingin tahu, tetapi
tidak cukup untuk memenuhi rasa ingin tahu tersebut tanpa mengklik pada tautan
atau pranala yang diberikan.
3. Tujuan utama dari penggunaan clickbait salah satunya adalah
untuk royalty.
Dalam
perkembangan media online saat ini sangat memungkinkan untuk melakukan apapun
termasuk dalam mendapatkan royalty. Saat ini perkembangan media juga semakin
cepat, semakin banyak pula persaingan termasuk dalam penyebaran informasi atau
berita. Dalam hal penyebaran informasi, produsen konten berita akan membuat
sebuah konten yang akan mengundang banyak pengunjung. Dari konten – konten
tersebut akan diterima royalty jika dapat memenuhi target viewer yang di
tentukan.
2.5 Dampak dari
Clickbait
Dampak
positif dan dampak negatif penggunaan judul
clickbait antara lain :
Dampak Positif
1. Memungkinkan
dapat banyak klik yang artinya akan mendapatkan banyak pengunjung atau viewers.
2. Mendongkrak
popularitas web atau blog.
3. Menambah
jumlah like facebook, twitter, vlog hingga instagram yang berada di widget
blog.
4. Memungkinkan
penghasilan atau royalty dari iklan (baik iklan pribadi maupun iklan yang
menggunakan pihak ketiga seperti adsense).
Dampak Negatif
1. Walau
banyak mendapatkan klik, namun besar kemungkinan para pengunjung hanya sebentar
di blog yang pada akhirnya membuat bounce-rate blog semakin membengkak dan
tentu ini sangat berpengaruh pada kualitas peng-index-an blog di seo search engine
seperti google.
- Adanya pihak yang
dirugikan.
Beberapa berita
yang tidak sesuai akan berdampak pada objek yang diberitakan, objek tersebut
akan merasa dirugikan karena berita tidak sesuai dengan realita sesungguhnya.
- Jumlah unlike page
facebook dan unlike twitter akan terus meningkat.
Seseorang akan
merasa bosan dan hafal dengan apa yang dilakukan oleh pengguna clickbait dan
lama kelamaan orang tersebut atau netizen akan memberikan unlike nya karena
berita yang diberikan tidak berkualitas lagi.
- Menghasilkan
banyak invalid click.
Invalid click
yang diperoleh disebabkan oleh banyak hal, di antaranya dikarenakan banyak
pengunjung blog yang datang dari situs sosmed (sosial media) yang mengunjungi
artikel lalu mengklik iklan, akan tetapi mereka buru-buru meninggalkan blog
sebelum selesai membaca konten informasi hingga akhir. Invalid click ini juga
akan membatalkan jumlah penghasilan sobat yang sudah masuk dalam kategori
estimated earning (saldo perkiraan) hingga hanya beberapa penghasilan saja yang
dihitung sah.
2.6
Clickbait dan Hoax
Clickbait Vs Hoax. Masalah terbesar
diantara kedua hal tersebut adalah, dua-duanya cukup membingungkan dan juga
memberikan gambaran salah dari pesan utama suatu berita informasi, tersebut. Dalam
sebuah berita, informasi terbesar tentunya berada di alasan kita memutuskan
untuk membaca berita tersebut. Jika sensasi penasaran tersebut timbul pada
judul dalam bentuk ledakan, yang kita akan harapkan dari suatu berita atau
informasi tersebut sebagai negatif.
Clickbait
ini bukan termasuk hoax, keduanya memiliki kedudukan yang sama. clickbait dan hoax adalah dua hal
yang berbeda, namun saling berhubungan dan keduanya saling melengkapi dengan
kuat. Clikbait sendiri memberikan konten dengan isi berita yang tidak penting,
bahkan benar-benar tidak memberikan informasi yang berimbang serta fakta
tentang hal tersebut. Sedangkan hoax konten berita dan artikelnya benar-benar
sangat merugikan, bahkan banyak orang termakan oleh hoax karena minimnya
pengetahuan.
Dalam clickbait belum tentu ada hoax
karena isinya belum tentu mengandung informasi yang tidak sebenarnya, terkadang
dalam berita clickbait judulnya saja yang mengandung provokasi agar seseorang
mengunjungi konten tersebut. Sedangkan hoax informasinya benar-benar suatu yang
merugikan banyak pihak dan tidak dapat dibenarkan dari sisi manapun.
BAB
III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Clickbait adalah suatu strategi atau modus dari penyebar
berita di media online untuk meningkatkan traffik, pengunjung atau pageviews. Dengan
memberikan judul artikel atau konten yang membuat pembaca penasaran sehingga
meng-klik tautan judul berita tersebut. Dalam Clickbait judul yang digunakan
berbahasa ambigu dan tidak jelas dengan menggunakan cuplikan media yang
memoprovokasi dan sering tidak sesuai dengan konten atau bahkan tidak ada
hubungannya sama sekali sehingga membuat orang tertarik dengan berita tersebut.
Ciri-ciri konten clickbait sangat mudah untuk dikenali dari
penggunaan judulnya saja. Dari judul sebuah berita yang terlihat ambigu dan
berlebihan saja sudah menyatakan bahwa konten tersebut adalah clickbait.
Kemudian dari isi konten yang tidak sesuai dengan judul dan preview yang di
terbikan bahkan jika isi konten tidak ada kaitannya dan keluar dari judul
konten yang diterbitkan tersebut.
Ada beberapa contoh dan jenis dari clickbait antara lain yang
berbentuk artikel, berita dan video yang tersebar di berbagai media seperti
Facebook, instagram, dan youtube. Dari artikel dan berita biasa tersebar di
media instagram dan facebook dan video yang sering ada di media social youtube
dimana pengguna youtube menggunakannya agar mendapat banyak viewers.
Tujuan media untuk menggunakan clickbait adalah untuk Untuk
menggaet pengunjung website untuk membaca artikel tersebut. Mengeksploitasi
"kesenjangan keingintahuan" (curiosity
gap) dan untuk royalty. Dalam hal penyebaran informasi, produsen konten
berita atau media akan membuat sebuah konten yang akan mengundang banyak
pengunjung. Dari konten – konten tersebut akan diterima royalty jika dapat
memenuhi target viewer yang di tentukan.
Dampak positif dan dampak negatif penggunaan judul clickbait
pasti ada, beberapa dampak positifnya adalah memungkinkan
dapat banyak viewers yang akan mendongkrak popularitas dan menambah jumlah like
serta penghasilan yang berasal dari iklan. Namun, ada dampak negative yang juga akan mengikutinya seperti para
pengunjung hanya sebentar di konten tersebut dan akan menjadi konten yang populer
namun dalam arti yang negative yang akan berimbas kembali pada jumlah unlike
konten yang terus meningkat dan banyak menghasilkan invalid click serta pasti
akan ada pihak yang dirugikan.
Clickbait
ini bukan termasuk hoax, keduanya memiliki kedudukan yang sama. clickbait dan hoax adalah dua hal
yang berbeda, namun saling berhubungan dan keduanya saling melengkapi dengan
kuat. Clikbait sendiri memberikan konten dengan isi berita yang tidak penting,
bahkan benar-benar tidak memberikan informasi yang berimbang serta fakta
tentang hal tersebut. Sedangkan hoax konten berita dan artikelnya benar-benar
sangat merugikan, bahkan banyak orang termakan oleh hoax karena minimnya pengetahuan.
3.2
Saran
Pada dasarnya judul adalah kutipan singkat tentang isi dari
keseluruhan konten artikel. Perhatikan setiap judul apakah mengandung kata
kata yang memaksa atau tidak, pastikan judul yang dibaca memberi kesan bahwa
ini adalah informasi yang dicari. Jika tidak maka hindari untuk meng-click
judul tersebut. Kita hanya bisa membuktikan konten tersebut menggunakan
teknik clickbait atau tidak dengan membaca isinnya, jika judul dan isi artikel
sesuai dengan apa yang sobat inginkan maka itu bagus.
Jika isi konten mengalami perbedaan yang
sangat jauh dan tidak memberikan manfaat bagi pembaca maka tinggalkan situs
tersebut dan jangan pernah kembali. Jika
telah mendapatkan satu konten artikel clickbait di dalam situs tersebut, maka
coba lebih lanjut periksa artikel lain yang ada di situs tersebut.
Jika setiap artikel di blog tersebut
menggunakan judul yang berlebihan yang tidak sesuai dengan isinya maka segera
tinggalkan situs tersebut. Mengingat alamat dari blog
dan jangan pernah kembali. Seperti yang telah diketahui bahwa ini adalah
tipe orang yang haus akan pengunjung karena pengunjung setara dengan
penghasilan.
Banyak situs berita terkenal menggunakan
cara clickbait untuk menyebarkan konten palsu yang bisa memicu konflik. Satu satunya cara untuk melawan situs
seperti ini adalah dengan tidak memberi apa yang mereka ingikan yaiut traffic
pengunjung. Saat membaca judul yang aneh aneh maka coba untuk mencarinya
atau mengklarifikasi lagi di penelusuran google. Apakah berita tersebut
benar atau tidak. Membandingkan dan kritislah dalam segala hal dengan apa yang
didapatkan melalui internet. Dan jadikan internet sebagai media perpustakaan
virtual yang lebih bermanfaat dan tidak berbahaya.
REFRENSI
Kartanegara, M
Rizky (2018) Jurnal Penggunaan Clickbait
Headline pada situs berita dan Gaya
Hidup Muslim Dream.co.id, Polteknik Negeri Media Kreatif
Niswah, Hajar
Azizatun (2017) Jurnal Pengaruh Kebutuhan Akan Informasi Tentang Figur Publik
dan Intensitas Mengakses Berita Clickbait
di Situs Berita Media daring Terhadap Tingkat Kepuasan pembaca yang
Mengaksesnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar