Selasa, 04 Desember 2018

Makalah Clickbait Di Media Sosial


MAKALAH

Clickbait Di Media Sosial


“Tugas Jurnalistik Online”
Mata Kuliah : Jurnalistik TV dan radio

 
 


DISUSUN OLEH :
Tiyas Dervi Anggraini
5.16.03.05.0.055
Ulfa Aprillia
5.16.03.05.0.056
Wakhidatul Mar’atus Sholikah
5.16.03.05.0.058


JURUSAN ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT
2018




Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan makalah tentang “Clickbait di Media Sosial” ini dengan baik meskipun banyak kekurangan didalamnya.
Kami sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai Clickbait di media sosial. Kami juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam makalah ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu, kami berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan makalah yang telah kami buat di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran yang membangun.
Semoga makalah sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya materi yang telah disusun ini dapat berguna bagi kami sendiri maupun orang yang membacanya. Sebelumnya kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan kami memohon kritik dan saran yang membangun dari Anda demi perbaikan makalah ini di waktu yang akan datang.

Mojokerto, 01 Desember 2018



                                                                                                            Penyusun


DAFTAR ISI

Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB I             PENDAHULUAN………………………………………………………….   1
1.1    Latar Belakang………………………………………………………………… 1
1.2    Rumusan Masalah……………………………………………………………... 2
1.3    Tujuan………………………………………………………………………..... 2         
1.4    Manfaat………………………………………………………………………..  3

BAB II                        PEMBAHASAN……………………………………………………………            4
2.1  Pengertian ………………………………………………………………………4
2.2  Ciri-Ciri Clickbait……………………………………………………………… 4
2.3  Contoh dan jenis konten Clickbait…………………………………………….. 4
2.4  Tujuan Clickbait………………………………………………………………..  5
2.5  Dampak dari Clickbait…………………………………………………………  6
2.6  Clickbait dan Hoax………………………………………………………….....  7

BAB III          PENUTUP…………………………………………………………………. 8
            3.1 Kesimpulan…………………………………………………………………….. 8
            3.2 Saran…………………………………………………………………………… 9

REFERENSI………………………………………………………………………………..            10




BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Perkembangan teknologi dan komunikasi di era globalisasi dan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pada saat ini membawa pengaruh yang sangat besar terhadap kehidupan di dunia baik pengaruh positif maupun negatif. Mobilitas yang tinggi, kecepatan untuk mendapatkan informasi, kemudahan berkomunikasi, pola hidup yang serba instan dan multitasking menjadi sebuah ciri kebutuhan masyarakat saat ini. Keberadaan media cetak dan elektronik semakin tergeser dengan adanya internet.
Indonesia adalah salah satu Negara dengan jumlah penduduk terpadat di dunia. Dengan dukungan kemajuan infrastruktuk dan teknologi informasi yang memadai, tidak mengherankan jika warga Indonesia menjadi salah satu pengakses media digital dan internet terbesar di dunia. Fakta tersebut terlihat dari banyaknya pengguna akses media seperti Personal Computer (PC), tablet, dan smatphone. Rata – rata warga indonesia melakukan aktivitasnya tidak jauh-jauh dari media digital dan internet.
Dengan banyaknya penggunaan media digital tersebut tidak dipungkiri lagi pengaruh akses warga terhadap media online atau media social juga akan meningkat pesat. Warga Indonesia juga dikenal sebagai warga yang sangat aktif dalam menggunakan media social. Dilihat dari jumlah pengguna aktif media social popular seperti Twitter, facebook , dan instagram. Dari beberapa media social tersebut akan muncul berbagai informasi dan berita dengan berbagai macam berita.
Meningkatnya jumlah pengguna media social di Indonesia, mau tak mau membuat para produsen konten berita media online untuk beradaptasi. Dalam hal ini, mereka kemudian membuat cerita untuk platform di media social. Dengan tujuan untuk meningkatkan traffic atau kunjungan di situs utama media online mereka. Untuk itu, para produsen konten berita ini membutuhkan strategi yang tepat dan jitu dalam menarik perhatian pengguna media atau netizen untuk meng-klik dan nantinya akan membagi ulang (re-share) konten berita tersebut di media social mereka.
Trand informasi dunia digital saat ini memang semakin meluas, akses informasi di media sosial membuat para penggunanya semakin mudah untuk mendapatkan berbagai informasi. Namun, akses informasi yang semakin mudah ini sayangnya tidak dibarengi dengan ketersediaan informasi yang berkualitas. Di era internet banyak pilihan tempat untuk memilih informasi mana yang akan dicari, ditemukan dan di konsumsi. Banyak wadah informasi yang sengaja membagi dan mengemas informasi instan sebagai semua jebakan. Dimana jebakan tersebut yang akan mengundang minat dari pembaca untuk mengunjungi laman berita yang dibuat.
Portal berita online sebagai bentuk media yang konvergen yang lebih mengutamakan traffic dan menyajikan berita yang lebih ringkas namun actual. Konvergensi media juga menyebabkan adanya fenomena cklicbait yang di jadikan modus media online untuk menarik minat pembaca dan akan berdampak pada penurunan kualitas informasi, meningkatnya konglemerasi media dan penurunan kualitaas industry media konfensional.
Clickbait merupakan suatu ketidak sesuaian judul dengan isi informasi yang dibagi yang memberikan kesan berita yang hiperbola dan kontroversional. Tidak hanya situs abal-abal saja yang menggunakan clickbait, ada kalanya situs kenamaan juga menggunakan clickbait. Cklicbait tidak hanya sekedar diciptakan atas dasar penyebaran informasi palsu melainkan untuk mencari keuntungan ekonomi dari internet dan media social.

1.2  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dibuat rumusan masalah makalah yakni :
1.2.1        Apa yang dimaksud dengan Clickbait ?
1.2.2        Apa saja ciri-ciri Clickbait ?
1.2.3        Apa saja Contoh dan Jenis Clickbait ?
1.2.4        Mengapa ada penggunaan clickbait ?
1.2.5        Bagaimana dampak clickbait pada netizen ?
1.2.6        Apakah benar clickbait termasuk dalam katagori hoax ?

1.3  Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan dari makalah ini adalah :
1.3.1        Mengetahui dan memahami pengertian dari clickbait.
1.3.2        Mengetahui ciri-ciri dari clickbait.
1.3.3        Mengetahui seperti apa contoh dan jenis clickbait.
1.3.4        Mengetahui dan memahami tujuan penggunaan clickbait.
1.3.5        Mengetahui dan memahami dampak clickbait secara positif dan negative.
1.3.6        Mengetahui kebenaran clickbait termasuk katagori hoax atau tidak.
1.4  Manfaat
1.4.1        Manfaat Akademis
Makalah ini diharapkan dapat memberikan wawasan kepada pembaca, khususnya mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Majapahit dan sebagai makalah selanjutnya dari segi menyikapi dan memahami tentang clickbait.
1.4.2        Manfaat Praktik
Bagi para mahasiswa Ilmu Komunikasi yang pernah mendapatkan berita dengan judul clickbait, diharapkan penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi atau rujukan dan solusi terkait pengetahuan tentang clickbait.



BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian
Umpan klik (clickbait) adalah suatu istilah peyoratif yang merujuk kepada konten web yang ditujukan untuk mendapatkan penghasilan iklan daring, terutama dengan mengorbankan kualitas atau akurasi, dengan bergantung kepada tajuk sensasional atau gambar mini yang menarik mata guna mengundang klik-tayang (click-through) dan mendorong penerusan bahan tersebut melalui jejaring sosial daring.
Judul berita yang menjebak (clickbait) adalah modus media online untuk meningkatkan traffik, pengunjung, atau pageviews. Clickbait juga dapat dikatakan sebagai suatu judul yang ambigu dan tidak jelas dengan menggunakan cuplikan media yang memprovokasi yang sering tidak sesuai dengan konten atau bahkan tidak ada hubungannya sama sekali sehingga membuat orang tertarik dengan berita tersebut.

2.2 Ciri- Ciri Clickbait
       Ciri-ciri konten clickbait sangat mudah dikenali, yaitu :
1.      Dari penggunaan judul.
Dari judul sebuah berita yang terlihat ambigu dan berlebihan sudah menyatakan bahwa konten tersebut adalah clickbait. Judul artikel memang sangat berpengaruh dan berperan penting dalam artikel, sebelum membaca isi artikel seseorang pasti akan membaca judul, semakin judul menarik semakin banyak pula orang yang tertarik dengan artikel atau konten tersebut. Apalagi dengan mereka yang memiliki rasa keingintahuan yang tinggi pasti akan sangat mudah terpancing untuk melihat dan membacanya.
2.      Isi konten yang tidak sesuai dengan judul dan preview yang di terbikan
Jika isi konten tidak ada kaitannya dan keluar dari judul konten yang diterbitkan sudah dikatakan sebagai clickbait. Karena lebih mengutamakan kecepatan indeks oleh mesin pencarian, isi tulisan menjadi kurang di perhatikan sehingga isi dan judul banyak yang tidak singkron lagi dan akhibatnya informasi sudah diragukan.

2.3    Contoh dan jenis konten Clickbait
Ada beberapa contoh dan jenis Clikbait Antara lain :
1.      Berita
Bentuk Berita ini berupa tulisan muncul dari adanya sebuah fakta namun penulis memberikan judul yang berlebihan dan memberikan isi informasi yang tidak valid dengan berita sebenarnya.
2.      Artikel
Bentuk tulisan yang beredar di media online salah satunya di instagram dengan judul dan tulisan yang memiliki judul ambigu yang dapat menarik perhatian pembaca. Selain di instagram artikel clickbait ini sering di posting di media tribunnews.
3.      Video
Clickbait video sering beredar di media online youtube dengan judul yang seolah-olah memberikan perintah dan membuat para pengguna youtube menjadi penasaran akan isi video tersebut karena dari video orang akan memandang berita tersebut real atau tidak.

2.4    Tujuan Clickbait
Tujuan pembuatan konten clickbait yaitu :
1.    Untuk menggaet pengunjung website untuk membaca artikel tersebut.
Berusaha membuat pembaca penasaran sehingga meng-klik tautan judul berita tersebut. Judul ini didasarkan pada premis bahwa pembaca diperlakukan sebagai orang bodoh, Namun yang disayangkan lagi tren clickbait ini menjadi standar berita online.
2.    Mengeksploitasi "kesenjangan keingintahuan" (curiosity gap)
Dengan hanya memberi informasi yang cukup membuat pembaca penasaran ingin tahu, tetapi tidak cukup untuk memenuhi rasa ingin tahu tersebut tanpa mengklik pada tautan atau pranala yang diberikan. 
3.    Tujuan utama dari penggunaan clickbait salah satunya adalah untuk royalty.
Dalam perkembangan media online saat ini sangat memungkinkan untuk melakukan apapun termasuk dalam mendapatkan royalty. Saat ini perkembangan media juga semakin cepat, semakin banyak pula persaingan termasuk dalam penyebaran informasi atau berita. Dalam hal penyebaran informasi, produsen konten berita akan membuat sebuah konten yang akan mengundang banyak pengunjung. Dari konten – konten tersebut akan diterima royalty jika dapat memenuhi target viewer yang di tentukan.

2.5 Dampak dari Clickbait
Dampak positif dan dampak negatif penggunaan judul clickbait antara lain :
Dampak Positif
1.      Memungkinkan dapat banyak klik yang artinya akan mendapatkan banyak pengunjung atau viewers.
2.      Mendongkrak popularitas web atau blog.
3.      Menambah jumlah like facebook, twitter, vlog hingga instagram yang berada di widget blog.
4.      Memungkinkan penghasilan atau royalty dari iklan (baik iklan pribadi maupun iklan yang menggunakan pihak ketiga seperti adsense).
Dampak Negatif
1.      Walau banyak mendapatkan klik, namun besar kemungkinan para pengunjung hanya sebentar di blog yang pada akhirnya membuat bounce-rate blog semakin membengkak dan tentu ini sangat berpengaruh pada kualitas peng-index-an blog di seo search engine seperti google.
  1. Adanya pihak yang dirugikan.
Beberapa berita yang tidak sesuai akan berdampak pada objek yang diberitakan, objek tersebut akan merasa dirugikan karena berita tidak sesuai dengan realita sesungguhnya.
  1. Jumlah unlike page facebook dan unlike twitter akan terus meningkat.
Seseorang akan merasa bosan dan hafal dengan apa yang dilakukan oleh pengguna clickbait dan lama kelamaan orang tersebut atau netizen akan memberikan unlike nya karena berita yang diberikan tidak berkualitas lagi.
  1. Menghasilkan banyak invalid click.
Invalid click yang diperoleh disebabkan oleh banyak hal, di antaranya dikarenakan banyak pengunjung blog yang datang dari situs sosmed (sosial media) yang mengunjungi artikel lalu mengklik iklan, akan tetapi mereka buru-buru meninggalkan blog sebelum selesai membaca konten informasi hingga akhir. Invalid click ini juga akan membatalkan jumlah penghasilan sobat yang sudah masuk dalam kategori estimated earning (saldo perkiraan) hingga hanya beberapa penghasilan saja yang dihitung sah.


2.6 Clickbait dan Hoax
Clickbait Vs Hoax. Masalah terbesar diantara kedua hal tersebut adalah, dua-duanya cukup membingungkan dan juga memberikan gambaran salah dari pesan utama suatu berita informasi, tersebut. Dalam sebuah berita, informasi terbesar tentunya berada di alasan kita memutuskan untuk membaca berita tersebut. Jika sensasi penasaran tersebut timbul pada judul dalam bentuk ledakan, yang kita akan harapkan dari suatu berita atau informasi tersebut sebagai negatif.
Clickbait ini bukan termasuk hoax, keduanya memiliki kedudukan yang sama. clickbait dan hoax adalah dua hal yang berbeda, namun saling berhubungan dan keduanya saling melengkapi dengan kuat. Clikbait sendiri memberikan konten dengan isi berita yang tidak penting, bahkan benar-benar tidak memberikan informasi yang berimbang serta fakta tentang hal tersebut. Sedangkan hoax konten berita dan artikelnya benar-benar sangat merugikan, bahkan banyak orang termakan oleh hoax karena minimnya pengetahuan.
Dalam clickbait belum tentu ada hoax karena isinya belum tentu mengandung informasi yang tidak sebenarnya, terkadang dalam berita clickbait judulnya saja yang mengandung provokasi agar seseorang mengunjungi konten tersebut. Sedangkan hoax informasinya benar-benar suatu yang merugikan banyak pihak dan tidak dapat dibenarkan dari sisi manapun.



BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Clickbait adalah suatu strategi atau modus dari penyebar berita di media online untuk meningkatkan traffik, pengunjung atau pageviews. Dengan memberikan judul artikel atau konten yang membuat pembaca penasaran sehingga meng-klik tautan judul berita tersebut. Dalam Clickbait judul yang digunakan berbahasa ambigu dan tidak jelas dengan menggunakan cuplikan media yang memoprovokasi dan sering tidak sesuai dengan konten atau bahkan tidak ada hubungannya sama sekali sehingga membuat orang tertarik dengan berita tersebut.
Ciri-ciri konten clickbait sangat mudah untuk dikenali dari penggunaan judulnya saja. Dari judul sebuah berita yang terlihat ambigu dan berlebihan saja sudah menyatakan bahwa konten tersebut adalah clickbait. Kemudian dari isi konten yang tidak sesuai dengan judul dan preview yang di terbikan bahkan jika isi konten tidak ada kaitannya dan keluar dari judul konten yang diterbitkan tersebut.
Ada beberapa contoh dan jenis dari clickbait antara lain yang berbentuk artikel, berita dan video yang tersebar di berbagai media seperti Facebook, instagram, dan youtube. Dari artikel dan berita biasa tersebar di media instagram dan facebook dan video yang sering ada di media social youtube dimana pengguna youtube menggunakannya agar mendapat banyak viewers.
Tujuan media untuk menggunakan clickbait adalah untuk Untuk menggaet pengunjung website untuk membaca artikel tersebut. Mengeksploitasi "kesenjangan keingintahuan" (curiosity gap) dan untuk royalty. Dalam hal penyebaran informasi, produsen konten berita atau media akan membuat sebuah konten yang akan mengundang banyak pengunjung. Dari konten – konten tersebut akan diterima royalty jika dapat memenuhi target viewer yang di tentukan.
Dampak positif dan dampak negatif penggunaan judul clickbait pasti ada, beberapa dampak positifnya adalah memungkinkan dapat banyak viewers yang akan mendongkrak popularitas dan menambah jumlah like serta penghasilan yang berasal dari iklan. Namun, ada dampak negative yang juga akan mengikutinya seperti para pengunjung hanya sebentar di konten tersebut dan akan menjadi konten yang populer namun dalam arti yang negative yang akan berimbas kembali pada jumlah unlike konten yang terus meningkat dan banyak menghasilkan invalid click serta pasti akan ada pihak yang dirugikan.
Clickbait ini bukan termasuk hoax, keduanya memiliki kedudukan yang sama. clickbait dan hoax adalah dua hal yang berbeda, namun saling berhubungan dan keduanya saling melengkapi dengan kuat. Clikbait sendiri memberikan konten dengan isi berita yang tidak penting, bahkan benar-benar tidak memberikan informasi yang berimbang serta fakta tentang hal tersebut. Sedangkan hoax konten berita dan artikelnya benar-benar sangat merugikan, bahkan banyak orang termakan oleh hoax karena minimnya pengetahuan.

3.2    Saran
Pada dasarnya judul adalah kutipan singkat tentang isi dari keseluruhan konten artikel. Perhatikan setiap judul apakah mengandung kata kata yang memaksa atau tidak, pastikan judul yang dibaca memberi kesan bahwa ini adalah informasi yang dicari. Jika tidak maka hindari untuk meng-click judul tersebut. Kita hanya bisa membuktikan konten tersebut menggunakan teknik clickbait atau tidak dengan membaca isinnya, jika judul dan isi artikel sesuai dengan apa yang sobat inginkan maka itu bagus. 
Jika isi konten mengalami perbedaan yang sangat jauh dan tidak memberikan manfaat bagi pembaca maka tinggalkan situs tersebut dan jangan pernah kembali.  Jika telah mendapatkan satu konten artikel clickbait di dalam situs tersebut, maka coba lebih lanjut periksa artikel lain yang ada di situs tersebut. 
Jika setiap artikel di blog tersebut menggunakan judul yang berlebihan yang tidak sesuai dengan isinya maka segera tinggalkan situs tersebut.  Mengingat alamat dari blog dan jangan pernah kembali. Seperti yang telah diketahui bahwa ini adalah tipe orang yang haus akan pengunjung karena pengunjung setara dengan penghasilan. 
Banyak situs berita terkenal menggunakan cara clickbait untuk menyebarkan konten palsu yang bisa memicu konflik. Satu satunya cara untuk melawan situs seperti ini adalah dengan tidak memberi apa yang mereka ingikan yaiut traffic pengunjung. Saat membaca judul yang aneh aneh maka coba untuk mencarinya atau mengklarifikasi lagi di penelusuran google. Apakah berita tersebut benar atau tidak. Membandingkan dan kritislah dalam segala hal dengan apa yang didapatkan melalui internet. Dan jadikan internet sebagai media perpustakaan virtual yang lebih bermanfaat dan tidak berbahaya. 



REFRENSI

Kartanegara, M Rizky (2018) Jurnal Penggunaan Clickbait Headline  pada situs berita dan Gaya Hidup Muslim Dream.co.id, Polteknik Negeri Media Kreatif

Niswah, Hajar Azizatun (2017) Jurnal Pengaruh Kebutuhan Akan Informasi Tentang Figur Publik dan Intensitas Mengakses Berita Clickbait di Situs Berita Media daring Terhadap Tingkat Kepuasan pembaca yang Mengaksesnya













Tidak ada komentar:

Posting Komentar